cover
Contact Name
JURNAL KOMUNIKATIO
Contact Email
jurnal.komunikasi@unida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.komunikasi@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL KOMUNIKATIO
ISSN : 24423882     EISSN : 25498002     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL KOMUNIKATIO (p-ISSN: 2442-3882 dan e-ISSN 2549-8002) adalah jurnal ilmiah yang memuat aspek-aspek Ilmu Komunikasi dalam Konteks Teori dan Praktik. Terbit dua kali dalam satu tahun (April dan Oktober).
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Komunikatio" : 5 Documents clear
ANALISIS KASUS MANAJEMEN KOMUNIKASI KRISIS: SERANGAN WARGANET ATAS PENYELENGGARAAN HARD ROCK FM FASHION ROCKS 2020 DI DALAM MRT JAKARTA Ibnu Akmal
JURNAL KOMUNIKATIO Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Komunikatio
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1021.271 KB) | DOI: 10.30997/jk.v7i2.4271

Abstract

Kehadiran Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta sejak bulan Maret 2019 tidak hanya menarik perhatian masyarakat pengguna transportasi umum, namun juga pihak swasta dalam menyelenggarakan kegiatan yang membutuhkan perhatian khalayak atau publisitas. Acara tahunan Hard Rock FM Fashion Rocks yang diadakan di dalam gerbong MRT yang sedang berjalan pada awal tahun 2020 berubah menjadi kemarahan khalayak pengguna moda transportasi umum dan meninggalkan komentar buruk di media sosial, serta pemberitaan negatif di media online. Keterlambatan respon dan tanggapan yang dianggap tidak sesuai harapan khalayak menambah kasus ini menjadi krisis yang tidak terduga, hingga manajemen yang diwakili oleh Iwet Ramadhan selaku Head of Business Growth MRA Media meminta maaf secara pribadi melalui media sosial. Melalui lima langkah metode analisis kasus yaitu framing, labeling, summarizing, synthesizing dan concluding maka dapat disimpulkan jika Hard Rock FM lebih peka terhadap kebutuhan pengguna MRT, jadwal penyelenggaraan acara dan cepat tanggap atas keluhan yang muncul maka akan meminimalisasi bergulirnya kemarahan warganet di media sosial. Namun langkah meminta maaf dengan berfokus pada kondisi pihak-pihak yang dirugikan sangatlah tepat sebagai bentuk simpati dan kompensasi yang efektif.
KESADARAN LINGKUNGAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM FILM DIAM DAN DENGARKAN Mayadasari Maya; Firdaus Yuni Dharta; Muhammad Ramdani
JURNAL KOMUNIKATIO Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Komunikatio
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (934.465 KB) | DOI: 10.30997/jk.v7i2.4369

Abstract

Kesadaran lingkungan adalah pemikiran seseorang atau kelompok yang terwujud dalam sikap yang mendukung pelestarian alam. Tanpa kesadaran untuk menjaga lingkungan, kondisi alam akan terus memprihatinkan. Melihat keadaan lingkungan saat ini, produser Mahatma Putra menggunakan peluang ini untuk membuat film dokumenter “Diam dan Dengarkan” yang memaparkan berbagai fakta dampak-dampak aktivitas manusia sehari-hari yang merusak lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui makna kesadaran lingkungan di tengah pandemi covid-19 dalam film Diam dan Dengarkan dengan metode kualitatif dan analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Pokok permasalahan dari penelitian ini mengacu pada penyampaian pesan kesadaran lingkungan dalam film dokumenter Diam dan Dengarkan. Adapun hasilnya yaitu, makna kesadaran lingkungan di tengah pandemi covid-19 tidak disampaikan langsung, melainkan melalui dialog dan gambar yang memperlihatkan kerusakan lingkungan diakibatkan oleh aktivitas masyarakat sehari-hari yang tidak disadari, seperti polusi air oleh busa, pandangan masyarakat pedalaman tentang konsep kulkas, serta pandemi covid-19 memberi jeda untuk bumi berbicara melalui kebijakan karantina mandiri.
KETERKAITAN ANTARA KOMUNIKASI PERSUASIF DAN KEMAMPUAN PRIBADI KONSELOR P2TP2A DALAM LAYANAN KONSELING PADA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN Rini Rahmawati; Agustina M. Purnomo; Agustini
JURNAL KOMUNIKATIO Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Komunikatio
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (907.641 KB) | DOI: 10.30997/jk.v7i2.4407

Abstract

Jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia meningkat setiap tahun. P2TP2A merupakan salah satu lembaga inisiasi pemerintah pusat dan daerah untuk menangani masalah korban kekerasan terhadap perempuan. Keterampilan komunikasi persuasif penting bagi konselor dalam melakukan layanan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterkaitan antara komunikasi persuasif dan kemampuan pribadi konselor P2TP2A dalam melakukan layanan konseling terhadap perempuan korban kekerasan di Kota Bogor. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan responden, korban dab analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan konselor P2TP2A telah melakukan komunikasi persuasif dalam kegiatan sosialisasi, memberi dukungan, bersikap empatik dan positif saat melakukan konseling. Layanan konseling untuk korban menunjukkan sepuluh kemampuan pribadi konselor P2TP2A masih memerlukan perbaikan terutama dalam aspek totalitas, kepercayaan atas kemampuan pribadi, pengetahuan dan stabilitas emosi. Keterkaitan antara komunikasi persuasif dan kemampuan pribadi konselor telah ada dalam proses konseling terutama dalam   pemberian dukungan, sikap empathi dan sikap positif. Penelitian ini juga menemukan kesepuluh kemampuan pribadi konselor memiliki dua peran, mendukung komunikasi persuasif dan kemampuan dasar yang perlu dimiliki konselor sebelum melakukan komunikasi. Penelitian ini mengajukan komunikasi persuasif merupakan teknik komunikasi yang penting untuk konselor P2TP2A.
MAKNA DIRI WANITA KARIR SEBAGAI PENYINTAS COVID-19 DI KARAWANG Ade Rinta Aprilianti; Wahyu Utamidewi; Rastri Kusumaningrum
JURNAL KOMUNIKATIO Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Komunikatio
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (931.897 KB) | DOI: 10.30997/jk.v7i2.4549

Abstract

Hampir seluruh negara di dunia mengalami pandemi Covid 19 yang mempengaruhi hampir di segala aspek kehidupan manusia. Covid 19 menjadi penyakit baru yang cepat menular dari manusia ke manusia lainnya. Selain itu dengan banyaknya informasi melalui media sosial dan juga platform lainnya, tidak disadari hal ini menimbulkan stigma bagi orang-orang yang pernah terinfeksi Covid 19, atau yang biasa di sebut penyintas Covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna diri dari pengalaman komunikasi yang dialami wanita karir penyintas Covid 19. Penelitian ini mengambil subjek wanita karir penyintas Covid 19 di Karawang. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi bertujuan untuk melihat fenomena sosial yang dialami oleh seorang wanita karir penyintas Covid 19. Informan dipilih melalui teknik sampling snowball. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial atas realitas. Teknik penentuan informan menggunakan teknik sampling snowball. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Key informan pada penelitian ini berinisial NT dan MH sedangkan informan pendukung adalah informan yang berinisial SO, EP, dan MH. Data primer pada penelitian ini adalah data yang peneliti peroleh secara langsung dari informan utama yaitu kelima orang wanita karir penyintas Covid 19 di Karawang. Sedangkan data sekunder pada penelitian ini adalah data yang peneliti dapatkan dari berbagai macam referensi yang telah ada sebelumnya seperti jurnal, skripsi serta buku. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini merupakan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita karir penyintas Covid 19 memaknai pekerjaannya sebagai pekerja wanita yaitu sebagai profesi, cita-cita, mata pencaharian, motivasi dan juga aktualisasi diri. Wanita karir penyintas Covid 19 memaknai dirinya sebagai penyintas Covid 19 adalah sebagai pembelajaran, pengalaman dan juga pengingat diri dan keluarga agar lebih menjaga kesehatan ditengah pandemi Covid 19 ini.
MOTIVASI DAN KONTROL DIRI PADA REMAJA PENGGEMAR K-POP (KPOPERS) (Studi Deskriptif pada Komunitas dance coverCall Team Karawang) Isah Ratnasari; Mayasari; Ema
JURNAL KOMUNIKATIO Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Komunikatio
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.798 KB) | DOI: 10.30997/jk.v7i2.4641

Abstract

Akun yang bernama @aeyroses mengatakan bahwa “Pantas akun Korea, ternyata kedok dari kegoblokan. Hehe” Kasus tersebut menjadi perbicangan hangat di twitter. K-Popers sering sekali mendapat intimidasi dari seseorang yang tidak menyukai kesukaannya terhadap idola Korea, hampir setiap kasus dan setiap hari pasti ada saja yang menyinggung K-Popers di sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara lebih mendalam tentang motivasi dan kontrol diri pada remaja penggemar k-pop (k-popers) pada komunitas call team Karawang. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan empat subjek remaja yang merupakan anggota aktif komunitas call team Karawang yang merupakan penggemar k-pop aktif serta mengikuti perkembangan k-pop dan memiliki sejumlah prestasi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data, diperoleh dari berbagai sumber akan di olah dalam bentuk deskriptif hingga akan menghasilkan kesimpulan dari topik yang dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian diketahui bahwa kegiatan yang dilakukan empat subjek adalah latihan untuk membawakan ulang gerakan yang akan ditarikan ulang, aktif dalam mengikuti perkembangan berita mengenai idolanya, mendengarkan lagu dan menonton drama Korea. keempat subjek dapat mengendalikan perilaku dan emosi ketika ada ucapan yang menyinggung idolanya, keempat subjek mampu mengolah informasi yang diterimanya di sosial media, keempat subjek mementingkan pendidikanya sebagai hal yang utama dibandingkan k-pop, keempat subjek akan membatasi diri ketika membeli barang-barang yang berhubungan dengan k-pop. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi dan kontrol diri pada remaja penggemar k-pop walaupun banyak yang menganggap sebelah mata tetapi dengan adanya motivasi dan kontrol diri yang ada pada dirinya, mereka dapat memiliki prestasi dengan menyukai kpop.

Page 1 of 1 | Total Record : 5